Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengganti Oli Mobil dalam 4 Langkah Sederhana

Konten [Tampil]

Valgem.net - Penggantian oli DIY bisa cepat, rapi dan Anda akan bisa menghemat uang Anda cukup lumayan. Dan berikut ini adalah Tips Mengganti Oli Mobil dalam 4 Langkah Sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Tips Mengganti Oli Mobil dalam 4 Langkah Sederhana

Dalam artikel ini, Anda dapat mempelajari cara mengganti oli mobil sendiri dengan cepat dan rapi. Anda akan dapat menghemat uang perawatan serta memperpanjang umur mobil hingga ribuan km. Sebelum kita membahas caranya, ada beberapa alat yang Anda perlukan untuk mengganti oli tentunya. 

Beberapa alat tersebut Antara lain

  1. Kain
  2. Kacamata pengaman (jika ada)
  3. Set kunci pas
  4. Wadah untuk oli bekas
  5. Oli mesin baru
  6. Saringan minyak
  7. Paking filter oli

Mengganti oli di mobil Anda adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh setiap orang meskipun mengganti oli mungkin tampak cukup sulit dan masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam melakukannya.
Namun tetap saja penggantian oli adalah tugas terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membuat mesin mobil Anda tahan lama. Dan kali ini valgem akan membagikan Tips Mengganti Oli Mobil dalam 4 Langkah Sederhana. Berikut langkah langkah yang dapat Anda coba dirumah

Baca Juga : 10 Tips penting agar mobil bertahan lama

Tips Mengganti Oli Mobil

1#  Beli Filter Oli dan Oli yang Tepat

Meskipun dapat menghemat uang, filter oli dengan kualitas biasa seringkali Hanya saja filter tersebut akan bertahan kurang lebih 4000km saja . Untuk memperpanjang masa pakai oli, gunakan filter berkualitas lebih baik sehingga Anda dapat menggunakannya lebih dari  5.000 km.

Tips Mengganti Oli Mobil filter oli
Dan sebelum Anda pergi ke toko suku cadang mobil, bacalah buku manual kendaraan Anda untuk mengetahui jenis dan berat oli khusus untuk kendaraan Anda. Hal ini sangat penting untuk mengikuti rekomendasi yang tepat bagi  mobil yang Anda miliki.

Baca Juga : Tips Mengemudi Saat Musim Hujan

2# Buka tutup Penampung dan bersihkan Oli

Mulailah dengan menggelar alas seperti plastik lebar di tanah. Kemudian taruh mobil Anda di atasnya. Hal Ini akan menyingkat pekerjaan dalam hal pembersihan tumpahan minyak. Dengan menggunakan plastik, Anda dapat membuang seluruh lembaran setelah selesai mengganti oli atau bahkan menyimpannya untuk penggantian berikutnya.

Buka tutup Penampung dan bersihkan Oli
Dongkrak mobil, pasang dongkrak pada tempatnya, dan turunkan mobil. Anda juga dapat meletakkan kayu di bawah dongkrak sebagai penyangga. Setelah itu Lepaskan steker, dan bersihkan tutup pembuangan. Jika diperlukan Anda dapat mengganti tutup tersebut.

Baca Juga : 5 Tips Sewa Mobil

3# Buang oli lama dan Bersihkan Filter Oli

Buang oli lama Anda dengan menaruh penampung dibawah katup. Pastikan oli lama Anda tidak bersisa lalu tutup kembali setelah benar benar bersih dari oli. Jangan lupa untuk menbersihkan filter oli lama dan pastikan paking karetnya juga dibersihkan. 

Tips Mengganti Oli Mobil membersihkan filter

Jika diperlukan Anda dapat menggantinya juga. Gunakan Filter oli yang direkomendasikan  yang terdapat pada buku manual kendaraan Anda. Atau Anda dapat mencari informasinya di internet. Pilih salah satu produk filter yang memberi Anda performa paling baik untuk bermanuver.

4# Tambahkan Oli Baru

Isi ulang oli mesin menggunakan corong dan tutup kembali botolnya (untuk mencegah tumpahan) sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah daur ulang.

Tambahkan Oli Baru
Kencangkan tutup pembuangan dan pastikan juga Anda sudah memasangnya dengan benar sebelum menganbil bak penampung oli lama dan plastik yang digunakan sebagai alas.

Baca Juga : Tips Membeli mobil bekas ? Apa yang harus dilakukan

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda lakukan juga dirumah

5# Mendaur ulang Oli Lama

Nyalakan mesin hingga lampu oli dashboard padam. Tunggu beberapa menit, lalu periksa dipstick dan tambahkan oli jika perlu. Tuang oli bekas ke dalam jeligen besar untuk Anda simpan di tempat yang Aman dari jangkauan anak-anak.

6#Tips Mengganti Oli Tambahan Dari Para Ahli.

  1. Jika mesin dingin, hidupkan dan biarkan bekerja selama lima menit untuk menghangatkan oli. Jika panas, tunggu setidaknya 30 menit agar tidak terbakar.
  2. Jangan pernah menggunakan kunci atau soket yang dapat disesuaikan untuk melepas tutup pembuangan, lebih baik Gunakan kunci pas!
  3. Jangan pernah bekerja di bawah mobil ketika hanya didukung oleh dongkrak.
  4. Gunakan oli baru untuk melapisi paking filter oli sebelum memutarnya.
  5. Selalu kencangkan filter dengan tangan dan jangan menggunakan kunci filter.
  6. Temukan pusat daur ulang filter oli  di dekat lokasi Anda. Anda dapat melakukan pencarian di internet.

Itulah Tips Mengganti Oli Mobil dalam 4 Langkah Sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri. Ingat jika Anda ragu ragu dalam melakukannya akan lebih baik bagi Anda untuk membawa mobil ke bengkel atau pusat perawatan mobil. Semoga bermanfaat! 

Posting Komentar untuk "Tips Mengganti Oli Mobil dalam 4 Langkah Sederhana"