Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengemudikan Mobil untuk Pemula ,Jangan PANIK!

Konten [Tampil]

valgem.net - Mungkin Anda akan merasa canggung, takut atau panik ketika Anda  baru mencoba untuk mengemudikan mobil sendiri. Hal ini sangat wajar jika Anda memang baru pernah atau belum memiliki banyak pengalaman dalam mengemudikan mobil. Namun, seiring waktu, perasaan tersebut akan  memudar dan bahkan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Untuk itu, beberapa tips mengemudikan mobil untuk pemula kali ini, mungkin akan membantu Anda dalam memperoleh pengalaman menngemudi yang menyenangkan dan luar biasa.


Tips Mengemudikan Mobil untuk Pemula ,Jangan PANIK!


Tentunya, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengetahui seleuk beluk mobil yang Anda kendarai agar beberapa hal yang tidak Anda inginkan bisa dihindari. Selanjutnya adalah beberapa hal yang perlu Anda juga perhatikan dalam mengemudikan mobil. Beberapa hal tersebut antara lain:

1# Membiasakan diri dengan mobil

Membiasakan diri dengan mobil adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Anda harus memiliki kepercayaan diri dan pemahaman pada mobil Anda sendiri. Secara bertahap, Anda harus mengetahui posisi komponen dalam mobil seperti persneling, tombol lampu sinyal, wiper, hand brake maupun pedal. Anda juga harus mengetahui waktu dan kondisi yang tepat dalam menggunakan komponen tersebut . Misalnya, saat Anda berada di jalan menanjak, tentunya Anda akan menarik tuas pesneling dan menggunakan gigi rendah. Anda juga harus bersiap untuk menarik tuas handbrake agar mobil Anda tidak selip saat berhenti pada jalan yang menanjak.

tips mengemudikan mobil untuk pemula


Agar lebih terbiasa, sebelum menyalakan mobil, Anda juga dapat memastikan posisi jok , dan posisi kaca spion dengan bernar dan nyaman ketika Anda mengemudikan mobil. posisi nyaman dalam mengemudikan mobil akan  sangat membantu Anda untuk meredakan persaan takut atau cemas yang biasanya dimiliki pengemudi baru. Patikan punggung Anda bersandar dengan nyaman agar tidak mudah kaku dan lelah. Dan juga dapat melihat lingkungan baik di depan maupun sekitar mobil dengan jelas. Pastikan juga posisi lutut ketika Anda duduk dan menjangkau pedal tidak terlau meregang ataupun terlalu jauh. Sehingga Anda dapat mengontrol pedal gas, rem dan kopling dengan mudah. Anda bisa mengontrol pedal gas, rem, dan kopling dengan mudah.

2# Pegang setir dengan benar dan hindari gangguan saat mengemudi

Menurut penelitian, posisi tangan dalam memegang setir paling optimal adalah dengan meletakan tangan Anda pada posisi jam 9 (tangan kiri) dan posisi jam 3 (tangan kanan). Jangan terlalu tegang maupun terlalu santai saat memegang kemudi. Posisi mantap dan santai akan memberikan Anda kendali optimal atas mobil Anda. Sangatlah penting untuk memposisikan tangan Anda di roda kemudi dengan benar.

Tips Mengemudikan Mobil untuk Pemula kemudi mantap


Selain itu, ketika Anda berada di belakang kemudi, artinya Anda membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Abaikan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Misalnya ponsel, Video yang diputar di layar dashboard mobil atau pada saat Anda terjebak kemacetan. Anda harus tetap memperhatikan ke depan agar tetap waspada dan lebih responsif. Anda juga dapat menghindari makanan, memutar musik dengan volume tinggi, atau melakukan percakapan yang mendalam saat mengemudi karena aktivitas ini dapat dengan mudah mengalihkan perhatian Anda.

3# Menggunakan sinyal belok dan Klakson dengan tepat.

Anda tidak berada di jalan sendirian, hal ini perlu diperhatikan dengan baik. Ada orang lain yang juga menggunakan jalan raya. Tanpa memberi sinyal ketika Anda akan berbelok, memutar atau menepi akan membahayakan pengguna jalan yang lain dan juga diri Anda sendiri.  Sinyal belok adalah indikator yang memberi tahu pengemudi lain saat Anda akan berbelok, memutar atau menepi.

Tips Mengemudikan Mobil untuk Pemula sein


Anda juga harus memperhatikan penggunaan Klakson. Penggunaan klakson dimaksudkan untuk memberi sinyal bagi pengguna jalan di sekitar Anda. Klakson digunakan untuk memberi tahu mereka yang tidak menyadari keberadaan Anda. Namun perlu diingat, jangan menggunakan klakson secara berlebihan karena dapat mengganggu pengguna jalan lainnya.

4# Jangan Kecepatan Berlebih dan menjaga jarak dengan kendaraan lain

Sebagai pengemudi pemula, Anda disarankan untuk menjaga kecepatan dan tidak berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Jika Anda belum ahli sepenuhnya, melaju dengan kecepatan tinggi akan dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali atas mobil yang Anda kendarai. Kecepatan aman yang dapat Anda gunakan adalah kecepatan yang sesuai dan disarankan pada aturan lalu lintas yang ada di jalan raya.

kecepatan mobil


Selain menjaga kecepatan dalam berkendara, Anda juga harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan lain karena Anda akan kesulitan untuk mengambil tindakan apa pun jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

5# Tetap tenang saat mengemudi

Jagalah suasana hati Anda tetap baik dan santai dalam mengemudi. Dan jangan biarkan suasana hati yang buruk mempengaruhi Anda ketika mengemudi, Apalagi jika Anda seorang pemula. Suasana hati yang buruk akan membuat Anda lebih mudah marah atau emosi dalam perjaanan Anda. Dan percayalah hal ini adalah hal yang buruk pada perjalanan Anda.  Saat Anda mengemudi, cobalah untuk tenang dan jaga suasana hati yang baik Anda dapat memutar music untuk meredakan suasana hati Anda namun ingat jangan gunakan volume yang terlalu keras.

mengemudi santai


Demikianlah beberapa tips mengemudikan mobil untuk pemula yang dapat Anda coba dirumah. Tetap tenang dan santai akan sangat membantu Anda dalam memahami kemampuan mengendarai mobil. Anda juga dapat meminta bantuan orang lain yang sudah Ahli dan memiliki pengalaman berkendara dalam perjalanan Anda. Dengan berjalannya waktu Anda akan semakin Ahli dalam mengemudikan mobil Anda dengan baik. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Mengemudikan Mobil untuk Pemula ,Jangan PANIK!"