Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perawatan Mobil DIY yang Dapat Anda Tangani Sendiri

Konten [Tampil]

valgem.net - 4 Perawatan Mobil  DIY yang Dapat Anda Tangani Sendiri -Agar dapat lebih berhemat dalam masa pandemi, sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan uang. Salah satunya adalah dalam hal perawatan mobil yang dapat Anda tangani sendiri. Anda tidak perlu menyewa jasa mekanik untuk merawat mobil kesayangan Anda. Dan kali ini saya akan membagikan beberapa jenis perbaikan yang dapat ditangani oleh siapa saja dengan cepat dan mudah, dengan biaya yang minimal.

mekanik mobil


4 Perawatan Mobil  yang Dapat Anda Tangani Sendiri

1#  Filter Udara

Alat yang Anda Butuhkan : Tidak Ada
Waktu Penyelesaian : 10 menit

Jika Anda dihadapkan pada pilihan membayar mekanik dan menyerahkan perawatan mobil Anda seharian dengan biaya yang lumayan, atau Anda mengganti filter udara sendiri di rumah dalam waktu sekitar sepuluh menit dengan biaya yang minimal. Mana yang akan Anda pilih? Tentunya Anda akan memilih opsi kedua bukan? Namun bagaimana caranya? Tenang saja, berikit ini adalah cara melakukan perawatan filter udara

Perawatan Mobil DIY filter udara


Pertama, temukan filter yang Anda dapat temukan di bawah kap mobil. Filter udara ada di dalam kotak persegi panjang berwarna hitam dengan klip logam di sampingnya. Jika Anda ragu, Anda dapat memeriksa buku manual mobil Anda selanjutnya adalah membuka casing filter tersebut dan memeriksa kondisi saringan udara didalamnya. Jangan lupa untuk mencatat ke arah mana filter menghadap.

Anda dapat mengganti filter Anda dengan filter yang baru dengan cara melepaskan filter udara lama Anda dengan yang baru. Ingat untuk meletakkan arahnya sama persis dengan filter udara lama Anda. Seetelahnya Anda juga harus menutupnya lagi dengan klip logam setelah selesai. Atau agar lebih hemat lagi Anda dapat membersihkan filter lama Anda dengan menggunakan udara kompresor agar kotoran yang menempel akan hilang dari filter lama Anda.

2# Busi

Peralatan yang Anda Butuhkan : Kunci pas atau soket ekstensi untuk busi
Waktu Penyelesaian : 20 hingga 30 menit

Kebanyakan busi pada mobil Anda perlu diganti setelah sekitar 48 km, akan tetapi Anda dapat memeriksa  buku manual kendaraan Anda untuk melihat apakah mobil memerlukan waktu yang berbeda. Walaupun mengganti busi mungkin terdengar berat, namun proses ini cukup sederhana. Anda hanya perlu menyisihkan waktu dan melatih kesabaran. Jangan terburu-buru, karena Anda perlu memasang busi dengan urutan tertentu.

perawatan mobil diy busi


Seharusnya Anda dapat menemukan busi Anda dengan cukup mudah. Busi  terpasang pada kabel karet yang tebal. Anda akan menemukan empat, enam, atau delapan colokan, tergantung pada berapa silinder yang dimiliki mobil Anda.

Lepaskan kabel ke busi pertama saja dulu dan jangan lepas semua kabel sekaligus . Anda perlu memasang busi tertentu. Gunakan soket busi dan ekstensi untuk melepaskan busi pertama. Pasang busi baru, kencangkan terlebih dahulu dengan tangan, lalu kencangkan dengan soket busi agar pas dan jangan memasangnya terlalu kencang setelah itu pasang kembali kabel busi. Ulangi langkah-langkah ini untuk setiap busi, satu per satu.

3# Penggantian Oli

Alat yang Anda Butuhkan : Ratchet, kunci filter oli, panci oli, corong, dongkrak
Waktu Penyelesaian : 30 hingga 45 menit

Kebanyakan ahli otomotif mengatakan Anda harus mengganti oli Anda setiap 5000 km. Namun, tolak ukur mana pun yang Anda putuskan untuk digunakan, Anda dapat menghemat waktu dan uang dengan menangani penggantian oli mobil sendiri. Namun sebelum Anda mulai, perhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan:

  1.  Jangan pernah mengganti oli Anda saat mesin Anda panas tunggu hingga dingin sebelum memulai. Berkendara di sekitar untuk memanaskan mobil dan mengendurkan oli dapat menghasilkan penggantian oli yang lebih efektif. Akan tetapi Anda ingat untuk mendinginkan mesin sebelum mengganti olinya.
  2.  Anda harus mendongkrak mobil Anda, jadi pastikan Anda nyaman memegang dongkrak dengan aman.

Setelah memastikan kedua hal tersebut, waktunya Anda untuk sedikit kotor. Pergi ke kolong di bawah mobil. Lalu cari saluran oli kendaraan seharusnya tidak sulit untuk menemukannya. Lepaskan sumbat saluran dan tiriskan semua oli lama ke dalam wadah oli Anda. Setelah semua oli habis, tutup kembali sumbat pembuangan.

Perawatan Mobil DIY ganti oli


Kembali ke mesin Anda dan lepaskan filter oli lama dengan kunci filter oli Anda. (Hati-hati, karena filter oli juga mengandung oli lama).  Lumasi paking karet pada filter oli baru dengan oli motor baru. Isi filter oli baru sekitar dua pertiga dengan oli baru. Pasang sekrup di filter oli baru. Kencangkan dengan tangan saja.

Isi mesin dengan oli baru menggunakan corong Anda. Dengan tongkat celup, periksa kembali level oli Anda untuk memastikan Anda menambahkan cukup oli pada mobil. Buang filter oli lama dan daur ulang oli lama pada tempat yang aman.

4# Perawatan Radiator

Alat yang Anda Butuhkan : Obeng atau kunci pas, kain lap, larutan siram radiator, cairan pendingin, corong, wadah pendingin bekas
Waktu Penyelesaian : 30 menit

Sistem radiator dan pendingin mobil Anda harus bersih agar dapat bekerja secara efisien dan efektif. Dengan keausan normal, radiator mobil Anda akan menumpuk endapan yang dapat mengganggu sistem pendingin. Membilas radiator adalah cara yang cepat dan murah untuk menjaga sistem Anda tetap bugar. Lihat manual kendaraan Anda untuk mengetahui apakah Anda perlu menyiram radiator setiap tahun atau setiap dua tahun.

Perawatan Radiator


Pastikan mobil Anda benar-benar dingin sebelum Anda mulai. Periksa manual pemilik Anda untuk menemukan sumbat pembuangan radiator. Letakkan wadah pendingin bekas di tempatnya, buka sumbat pembuangan, dan biarkan pendingin lama terkuras sepenuhnya.

Ganti sumbat pembuangan dan lepaskan tutup radiator. Gunakan corong untuk menambahkan larutan pembersih siram radiator lalu isi sisa radiator dengan air. Ganti tutup radiator. Nyalakan mobil, dan biarkan berjalan hingga mencapai suhu pengoperasian normal. Nyalakan pemanas Anda ke posisi terpanas, dan biarkan mobil berjalan selama 10 menit. Matikan mobil dan tunggu mesin benar-benar dingin (ingat harus benar-benar dingin).

Kuras isi radiator. Isi ulang radiator dengan cairan pendingin baru . Pastikan untuk membuang pendingin lama secara aman. Saat mengerjakan hal ini. Temperatur dapat menjadi masalah yang berbahaya saat Anda memperbaiki mobil Anda, jadi pastikan Anda memberi mesin Anda banyak waktu untuk mendingin sebelum Anda menyalakan dan sebelum Anda mengosongkan radiator. Jangan terburu-buru melakukan pekerjaan ini, dan selalu lakukan pekerjaan dengan hati-hati.

Anda harus ingat, salah satu pedoman perawatan mobil DIY adalah mengetahui kapan Anda boleh dan tidak boleh melakukannya sendiri. Pelajari lebih lanjut tentang mobil, atau gunakan kesempatan untuk mengajari anak Anda beberapa dasar otomotif. Pastikan Anda mengetahui tingkat pengalaman Anda, dan jangan mencoba proyek perawatan mobil DIY yang terlalu rumit untuk ditangani. Jangan mengambil risiko cedera atau membongkar bagian yang tidak dapat Anda satukan kembali. Apakah Anda memiliki perawatan mudah lain yang Anda selesaikan sendiri? Beri tahu kami tip favorit Anda di komentar di bawah.

Posting Komentar untuk "4 Perawatan Mobil DIY yang Dapat Anda Tangani Sendiri"