Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips penting agar mobil bertahan lama

Konten [Tampil]

Kali ini kami akan membagikan 10 Tips penting agar mobil bertahan lama dan menunjukkan kepada Anda bagaimana hal ini berpotensi menghemat uang anda dari waktu ke waktu. Pengemudi yang tahu cara merawat kendaraannya dengan benar dengan perawatan dan pemeliharaan rutin, serta teknik mengemudi yang tepat, mendapatkan jarak yang jauh lebih jauh dari pembelian mereka akan menghemat cukup banyak uang dari segi pengeluaran mereka. Hal ini, terjadi karena mobil akan lebih awet .

10 Tips penting agar mobil bertahan lama

Baca Juga : Cara Membeli Mobil di SEVA Pusat Mobil Murah

1. Jangan mengabaikan panduan manual kendaraan Anda

Anggap manual kendaraan sebagai kitab Anda untuk merawat mobil Anda dengan baik. Buku panduan pemilik mencakup jadwal perawatan mobil Anda, seperti kapan harus merencanakan perawatan besar seperti penggantian oli dan filter, rotasi ban, penggantian sabuk, dan yang lainnya. Tetap mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan, hal  ini akan membantu Anda menghindari jenis kerusakan parah yang  akan mengganggu  rekening atau kartu kredit anda.

2. Jangan abaikan penggantian oli

Oli adalah sumber kehidupan mobil. Oli dengan kualitas baik dan terjaga akan memompa melalui mesin mobil anda dan membuatnya tetap terlumasi dan dingin. Penggantian oli reguler adalah hal yang paling penting, dan kembali lagi buku panduan manual pemilik akan memberi tahu anda kapan saatnya untuk menggantinya. Jika anda mengabaikan ini, Anda akan mendapati  kerusakan serius pada mesin mobil anda.

3. Jaga Cairan lainnya agar tetap cair

Oli bukan satu-satunya cairan vital yang ada pada mesin mobil yang perlu anda perhatikan. Ada minyak rem, minyak transmisi, minyak power steering, cairan pendingin, dan minyak wiper. Dari beberapa hal tersebut  bisa membuat anda kewalahan. Namun, kabar baiknya adalah sebagian besar kendaraan saat ini memiliki lampu indikator untuk mengingatkan Anda.  Namun, ada baiknya untuk memeriksanya secara teratur untuk menghindari masalah yang tidak terduga.

4. Lindungi mobil Anda dari cuaca buruk

Perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi pada saat ini, suhu  atau kelembaban udara di luar mobil cukup berpengaruh pada kesehatan mobil. Jika mobil anda terkena  hujan, atau sering terkena hembusan puing, cat pada mobil anda cenderung akan memudar dan tentunya anda akan kehilangan nilai jualnya. Selalu parkir di garasi jika memungkinkan atau setidaknya tutup dengan mantel penutup untuk melindunginya dari kondisi yang lebih buruk.

5. Tingkatkan pemeriksaan ban Anda

untuk memantau kondisi ban mobil adalah mempertahankan tekanan ban yang benar pada keempat roda anda. Hal tersebut  memperpanjang umur ban Anda, menghemat uang Anda.  Memberikan keselamatan  yang lebih baik selama berkendara.  Hal Ini mencegah ledakan pada ban yang  dapat menyebabkan biaya penggantian yang lebih mahal, bahkan merugikan keselamatan anda sendiri. Tekanan ban yang kempes menyebabkan berkurangnya penghematan bahan bakar pada mobil anda  Hal ini disebabkan karena mesin anda harus bekerja ekstra keras.

6. Jangan meremehkan Kebersihan Mobil

Meskipun Anda tergoda untuk membuang wadah bungkus makanan di jok belakang, dan tidak pernah terlihat lagi, baunya bisa bertahan dan masuk ke jok. Selain itu mungkin ada noda-noda makanan yang tertinggal dan sulit untuk dihilangkan. Jika mobil anda bau dan kotor , itu akan menurunkan nilai kendaraan Anda secara signifikan. Dan itu berlaku ekstra untuk kebersihan eksterior. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat pencucian mobil secara teratur. Debu dan noda pada cat mobil akan  menyebabkan karat. Mobil yang bersih sangat membantu dalam meningkatkan nilai jual kembali.

7. Filter untuk bernapas lebih lega

Anda bayangkan filter seperti sepasang paru-paru untuk mobil Anda. Saat kendaraan Anda menghirup kotoran dan debu saat berada di jalan, filter udara menangkap kotoran tersebut dan menjaga mesin tetap bekerja dengan lancar. Tapi itu hanya satu jenis filter. Ada juga filter oli dan bahan bakar yang memerangkap sedimen yang tidak diinginkan. Filter udara meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi, dan pada akhirnya memperpanjang umur mesin. Bagian terbaiknya adalah mereka relatif murah untuk diganti. Periksa manual pemilik kendaraan anda, anda akan tahu kapan saatnya untuk mengganti filter.

8. Membayar lebih untuk kualitas

Berinvestasi pada suku cadang atau produk mobil yang murah dapat menyebabkan kerusakan serius pada mobil Anda dan mengakibatkan biaya perbaikan yang mahal. Dari oli mesin dan cairan transmisi hingga cara Anda mencuci bagian luar mobil. Dengan hal tersebut anda akan mendapati lebih sedikit kerusakan karena kualitas suku cadang kendaraan anda.

9. Berkendara dengan mulus

Teknik mengemudi Anda berdampak besar pada berapa lama mobil Anda bertahan. Mengendarai mobil Anda dengan lancar berarti merencanakan pemberhentian Anda untuk menghindari menginjak rem dengan tiba-tiba.Hal ini juga berarti tetap waspada terhadap lingkungan Anda dan menghindari lubang, gundukan, dan kecelakaan lain di jalan. Mengemudi dengan lancar akan meminimalkan keausan pada kendaraan Anda, menghemat bahan bakar, meningkatkan umur panjang mobil Anda, dan yang terpenting, membuat Anda tetap aman.

10. Bersikaplah proaktif dalam melakukan perbaikan

Menunda perbaikan mobil bisa mengakibatkan kerusakan yang serius, belum lagi, tagihan servis yang sangat tinggi. Jangan mengabaikan tanda peringatan masalah mekanis. Imbalannya adalah uang di rekening anda  akan dihemat, dan yang diperlukan hanyalah sedikit perawatan pencegahan untuk memastikan bahwa mobil Anda tetap dalam kondisi prima.

Keseimpulan

Perawatan mobil adalah hal yang sederhana untuk dilakukan. Hal ini kembali pada pribadi masing-masing. Namun, setelah membaca Tips penting agar mobil  bertahan lama, anda dapat mengetahui hal-hal yang harus dan wajib anda lakukan agar kesehatan mobil tetap terjaga.

Posting Komentar untuk "10 Tips penting agar mobil bertahan lama"